Search

Thursday, December 8, 2016

Candi Prambanan & Candi Sewu

Candi Prambanan atau dikenal juga dengan candi Jonggrang adalah candi terbesar Hindhu di Indonesia. Terletak di desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman sekitar 50km dari Solo.




Candi Prambanan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Arsitektur bangunan berbentuk ramping dan tinggi dengan candi Siwa sebagai candi utama yang memiliki ketinggian mencapai 47meter menjulang ditengah-tengah kompleks gugusan candi-candi yang kecil.




Tiket masuk ke candi Prambanan sebesar 30rb untuk wisatawan local dan kalau nggak salah 125rb untuk wisatawan asing (pemegang KITAS, tiket masuk sama dengan tiket local).
Area sekitar candi Prambanan sangat luas. Terdapat candi lain di area yang sama yaitu reruntuhan candi Lumbung dan candi Bubrah dan juga Candi Sewu yang merupakan Candi Budha terbesar ke-dua setelah Candi Borobudur. Untuk menuju ke sana cukup berjalan kaki atau naik kereta mini 7000/orng.





Namun pengunjung hanya tertarik dengan candi Prambanan saja, padahal Candi Sewu sangat menarik. Mungkin agak malas juga berjalan ke Candi sewu karena cukup jauh jalan kaki dari Candi Prambanan.






No comments:

Post a Comment