Search

Sunday, April 3, 2016

Pantai Klayar, Pantai Buyutan, Pantai Banyu Tibo & Pantai Karang Bolong Pacitan, Jawa Timur

Pantai Klayar Pacitan

Merupakan pantai berpasir putih dihiasi dengan tebing-tebing dan batuan raksasa dipantai. Terletak di desa Kalak, Kec. Donorejo. Dari Solo ditempuh sekitar 2.5-3jam. Akses jalan pada waktu saya ke sana awal Desember 2015, masih dalam perbaikan pelebaran jalan dan pembangunan beberapa homestay.
Perbaikan Jalan arah ke pantai Klayar
Dari pusat desa Kalak ditempuh dalam waktu 10menit. Saya dan suami menginap 3 hari di sebuah homestay (Nova) dekat pantai. Harga sekitar 200rb untuk hari sabtu-minggu dan 150rb untuk hari biasa. Saya tawar waktu itu dapat harga 100rb. Homestay cukup bersih dengan fasilitas fan, TV tanpa free breakfast. Cukup susah untuk cari makan disekitar situ. Yang ada hanya ayam goreng (depan ticket masuk) tapi buka juga semaunya. Hanya Indomie telur dan pop mie saja yang dijual si ibu ditempat saya menginap. Kalau mau soto ada tapi harus keluar di jalan utama sekitar 5menitan. Malam masih sangat sepi didaerah pantai dan minim lampu penerangan jalan. Seperti daerah terisolasi. Sama sekali nggak ada sinyal untuk internetan, tapi masih ada sedikit sinyal telk**l untuk sekedar telpon maupun sms saja.

Pusat Desa Kalak 
Tiket masuk pantai Klayar 7rb dan parking 2rb. 


Pemandangan juga dapat dinikmati di 2 tebing kanan dan kiri yang diakses cukup mudah. Disekeliling pantai banyak warung-warung berjejeran.

Pemandangan pantai Klayar dari tebing

Panorama Pantai Klayar
Batu Spinx dan akses ke Seruling Samudra

Pantai Karang Bolong
Terletak masih diarea yang sama belokan ke kanan setelah loket tiket pantai Klayar. Masih dalam tahap pengaspalan jalan, tapi sudah bisa dilalui motor saja +- 1km. Hanya bisa menikmati pemandangan dari tebing saja. Tapi pemandangannnya luar biasa, batu-batu karang dan tebingnya mirip daerah Nusa Penida yaitu tebing kapur.

Pantai Karang Bolong dari tebing
Panorama Pantai Karang Bolong


Pantai Buyutan
Masih terletak di desa Kalak, Kec Donorejo. Akses jalan sudah cukup mudah dilalui. Tiket masuk 3rb dan parking 2rb. Waktu menuju pantai dengan sepeda harus hati-hati karena jalan yang menurun tajam. Serasa pantai milik berdua, karena masih sangat sedikit pengunjung. Ada baiknya datang ke sana pas hari senin-jumat. Warung-warung berjejeran, tapi hanya 1-2 yang buka di hari biasa. Harga cukup murah. Minuman kelapa 5rb, ada pop mie, mie telur, es teh dengan harga wajar.

Pemandangan Pantai Buyutan dari tebing

Skala perbandingan Batu besar pantai Buyutan
Sunset di Pantai Buyutan
Oleh-oleh dari Pantai Buyutan

Pantai Banyu Tibo

Terletak didesa Widoro, kec Donorejo, dekat dengan Pantai Buyutan. Akses menuju pantai cukup mudah. Tiket masuk 5rb dan parking 2rb.



 Dinamakan Banyu Tibo karena ada air terjun yang menetas deras ke pantai. Kalau mau menju kepantai ada beberapa step dan terakhir turun ke pantai harus melewati tangga bambu.





No comments:

Post a Comment